Minggu, 03 Juli 2011

MENJADI TELADAN



1 Timotius 4 : 12
“Janganlah seorangpun menganggap  rendah karena engkau masih muda. Jadilah teladan  bagi orang orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu,dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”
Orang mungkin pernah berkata “ Ah kamu masih kecil, belum waktunya tahu atau gak tau apa – apa”
Tetapi kita sebagai Anak Tuhan tetap bisa menjadi teladan bagi anak- anak yang sebaya dengan kita ataupun terhadap orang yang lebih tua dari kita.Faktor usia bukanlah penentu dalam usaha kita menjadi teladan tetapi ketaatan kita terhadap Allah yang dapat kita jadikan contoh terhadap orang lain.
Alkitabpun memberikan banyak sekali contoh orang orang muda yang taat kepada Allah dan diberkati oleh Allah.Mereka lebih mau mengutamakan Allah dan Allah pun membuat mereka berhasil.
1.       Daud
Ketika Daud diurapi oleh Elia untuk menjadi raja atas Israel ia masih sangat muda dan ia pun yang paling muda diantara para saudaranya.

2.       Samuel
Ketika Samuelmasih muda ia telah hidup dirumah Tuhan dan menjadi pelayan Tuhan.Ia tumbuh menjadi anak yang takut akan Tuhan, ia tidak menjadi seperti anak- anak imam Eli yang banyak berbuat jahat dan membuat malu orangtua mereka. Samuel yang muda bertumbuh besar dan disukai  tuhan dan manusia.

3.       Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego
Mereka adalah anak anak muda yang dibawa raja Nebukadnezar ke Babel,tetapi walaupun mereka hidup dengan orang orang yang menyembah baal mereka tetap menjaga kekudusan mereka dengan tetap menyembah kepada Allah. Walaupun ancaman yang mereka hadapi adalah hukuman mati tetapi mereka tetap menyembah Allah.

Masih banyak contoh anak muda dalam Alkitab yang dapat kita jadikan teladan bagi kita,seperti Yusuf yang memilih menjaga kesuciannya walaupun dia harus masuk penjara.

"Tuhan menciptakan kita bukan tanpa sebuah rencana ataupun hanya kebetulan tapi Tuhan mempunyai sebuah rencana yang indah dalam hidup kita. Kita akan dipakai untuk kemuliaannya dengan talenta yang diberikan kepada kita masing-masing"







Tidak ada komentar: