Kamis, 07 Juli 2011

Aku dan masalahku



Matius  11:28
“Marilah kepada-Ku ,semua yang letih dan berbeban  berat,Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”
Hidup kita seperti selembar kertas putih yang nantinya akan mulai terisi dengan tulisan yang menuliskan tentang kehidupan kita.Ketika kertas putih itu mulai terisi dengan sebuah titik hitam kadang kita hanya fokus kepada titik hitam yang ada,kita tidak melihat kertas itu tetaplah sebagai sebuah kertas.Dalam kehidupan kita titik hitam itu dapat kita artikan sebagai sebuah masalah.
Demikian juga kadang kita melihat  kehidupan kita hanya dari sebuah masalah yang ada dalam kehidupan kita .Kita lupa bahwa hidup kita tidak sempit  masih ada sisi putih dalam kertas kehidupan kita.Dalam  hidup semua orang pasti akan mengalami masalah baik besar maupun kecil ataupun gampang maupun sukar.Karena Tuhan mengijinkan masalah itu terjadi dalam kehidupan manusia, tetapi masalah yang kita alami itu tidak akan melebihi kemampuan kita.
Yang harus kita lakukan untuk menghadapi setiap masalah adalah jangan sampai kita jatuh dalam pencobaan yang kita alami.
Luk. 22:40 “Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: "Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."
Satu hal yang sering kita lupa adalah kita putus asa dalam menghadapi masalah kemudian mencari jalan pintas. Kita terkadang lupa dan tidak menyadari  bahwa putus asa adalah sebuah alat yang digunakan iblis untuk melemahkan kita,ingatlah Putus Asa itu bukan berasal dari Allah.Segala sesuatu yang melemahkan iman berasal dari iblis,oleh karena itu jangan kita sampai terjebak dalam tipu daya iblis.Kadang saat kita  menghadapi masalah kita lebih mengadalkan kekuatan kita kita lupa bahwa  kita punya Allah yang perkasa yang sanggup melepaskan kita dari setiap masalah.
Yer. 17:5  “Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!”
Mzm. 28:7 “TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.”
Salah satu contoh dalam alkitab adalah Ayub,ia adalah salah satu contoh orang yang diberkati Allah dalam kehidupannya. Tetapi semua miliknya hilang dalam sekejab.Satu yang kita contoh dari Ayub bahwa walaupun dia menghadapi masalah yang sangat besar ia tetap bersyukur kepada Tuhan dan tidak berbuat dosa.
1 Korintus 10:13 “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”
Tips, ketika kita menghadapi sebuah masalah yang kita harus selesaikan jangan menjadi panik dan buru – buru. Karena pada saat kita panik dan buru-buru kita biasanya akan mulai lupa untuk berdoa minta pertolongan Tuhan , dan pada saat kita pada puncak kepanikan kita mudah sekali untuk jatuh dalam sebuah keputusasaan dan mencoba mencari jalan pintas yang mungkin hanya menutupi masalah yang ada sekarang tapi menimbulkan masalah baru di kemudian hari.
Karena itu tetaplah tenang dalam menghadapi masalah agar kita tetap dapat berdoa.
1Ptr. 4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa

Tidak ada komentar: